Navigation












Artists


Atmosfera

    Genre : Jazz / Pop

    Perform on:
    Friday March 2, 2012
    Masima Stage

    Website :
    http://


  

About This Act :

Fitra: Vokal

Terry Manuputty: Bass

Iwan Hasan: Guitar, Harp Guitar, Keyboards

Fadhil Indra: Drums

Earl Pramudjie: Guitar

Genre: pop / rock / jazz

Atmosfera, sebuah band yang mengusung aliran musik pop yang dipengaruhi elemen musik rock, klasik, new age, maupun jazz, namun pada dasarnya musik yang diusung Atmosfera tetaplah musik pop. Pada tahun 2011 Atmosfera telah berilis album pertamanya berjudul Negeri Cinta. Pada Java Jazz Festival 2012 ini Atmosfera akan menampilkan aransmen yang lebih sarat muatan improvisasi dari lagu-lagu di albumnya. Kekuatan bermusik Atmosfera tidak terlepas dari pengalaman bermusik para persoilnya sebagai berikut: Front man group ini adalah vokalis Fitra, vokalis jazz yang di panggung kerap melakukan scat (improvisasi vokal jazz) adalah juga seorang arranger (antara lain sebagai arranger brass section White Shoes and the Couples Company). Ia juga telah merilis sebuah album solo berisi lagu-lagu berbahasa Karo yang beredar di Sumatera Utara. Fitra adalah sarjana musik lulusan Institut Kesenian Jakarta.

Iwan Hasan, gitaris yang memiliki reputasi internasional yang menempuh pendidikan musik di Willamette University di America Serikat, yang juga telah malang melintang di industri musik Indonesia sebagai arranger orchestra dalam banyak lagu-lagu hit dari band-band papan atas Indonesia (Ungu, ST 12, Boomerang, The Rain, dll). Selama ini Iwan lebih dikenal sebagai pendiri dan motor penggerak group progressive rock Discus, yang telah meriis album di Perancis, Italia dan Jepang selain di Indonesia. Bersama Discus, Iwan telah malang melintang tampil manggung di Switzerland, Jerman, Amerika Serikat dan Mexico. Sebagai solo artist, musik Iwan juga telah dirilis di Amerika Serikat di album kompilasi “Beyond Six Strings” yang berisi 13 harp guitarist, dimana Iwan adalah satu-satunya dari Asia (lihat http://www.harpguitarmusic.com/listings/a-hasan.htm) Selama ini Iwan sudah terlibat lebih dari 20 album musik Indonesia maupun Internasional dimana Iwan tampil sebagai artis atau peñata musik, bintang tamu, music director, produser atau vocal director. Sebagai gitaris jazz, Iwan juga tampil di Java Jazz Festival di Jakarta pada tahun 2006, 2009, 2010 dan 2011, serta memiliki group Chamber Jazz bersama Andien, group unik berformat gitar-vokal-piano-tuba yang kerap tampil di acara-acara jazz, termasuk di Java Jazz Festival 2011. Baru-baru ini Iwan juga terlibat sebagai arranger di album Piyu Padi antara lain sebagai string arranger lagu single “Sakit Hati” , “Firasatku” serta beberapa lagu lainnya.

Kursi drum dipegang oleh Fadhil Indra, yang juga banyak menulis lirik lagu di album Atmosfera. Fadhil adalah musisi yang aktif di lingkungan music progressive Indonesia sebagai keyboardist dan music director group KJP, Montecristo dan Gelap maupun sebagai produser album pertama group Miracle. Bersama Iwan Hasan dan Discus, (dimana Fadhil sebagai keyboardist) Fadhil telah melanglang buana tampil di Jerman, Mexico, Amerika Serikat dan Switzerland. Sebagai bassist Atmosfera adalah Terry Manuputty dan gitar kedua dipegang oleh Earl Pramudjie.