Navigation












Artists


Indro Hardjodikoro - The Fingers

    Genre : Jazz / Pop

    Perform on:
    Friday March 2, 2012
    First Media Stage

    Website :
    http://


  

About This Act :

Indro Hardjodikoro THE FINGERS (Indro Hardjodikoro-Bass, Fajar Adi Nugroho-Bass, Yesaya Soemantri-Drum dan Andy ‘Gomez’ Setiawan-Keyboard)

Indro Hardjodikoro THE FINGERS, Setelah album pertamanya keluar “Indro Hardjodikoro – Feels Free” , bersama muridnya Fajar Adi Nugroho, yang juga bassist, membuat album Indro Hardjdoikoro THE FINGERS. Dibantu dengan Yesaya Soemantri pada Drum dan Andy ‘Gomez’ Setiawan pada keyboard. Alasan utama memakai formasi dua bass, maka bass itu sendiri dapat berimprovisasi dan mengiringi secara bergantian. Sebuah komposisi dan formasi yang unik tentunya. Dengan tema “Traveling” komposisi-komposisi repertoire menjadi sangat kuat. Ada 9 lagu di album ini: The Fingers, dalam lagu ini yang sangat menarik adalah biramanya yang 7/8, sehingga terasa berbeda dengan lagu-lagu yang lain di album ini.

Andong, lagu ini bernuansa etnik yang menggambarkan suasana naik andong, Indro menambahkan instrumen kendang disini, yang di mainkan oleh Endang Ramdhan.

Traveling, terkesan lagu ini adalah fusion jazz funk, dan memang pada saat pembuatan album ini lagu Traveling sangat mudah di cerna semua anggota band ini, dan juga introduksi kita ke dunia international melalui musik fusion jazz ini. Afis Jamm, lagu ini dikomposi saat Indro berkolaborasi 4 Bass di konser Feels Free, tema lagu ini pun sangat simple dangan suasana fusion jazz funk dan memang dibuat dengan konsep jamming.

Slip Sometimes, menggambarkan ketika kita sering melakukan kesalahan kecil yang tidak disengaja, atau ketika kita melakukan perjalanan ada yang terlupa.

Rencong, lagu pertama yang dibuat oleh Fajar. Saat itu Fajar suka sekali dengan lagu-lagu klasik dan sedang berlatih teknik sweeping di bass. Jadi 2 hal ini dia coba implementasikan kedalam lagu. Di tengah lagu juga ada bagian sperti canon di lagu klasik. Tak lupa bagian funky diselipkan di blakang. Ketika Indro mendengar lagu ini yg terlintas dipikirannya melodi lagu ini sprti lagu Aceh. Dengan bantuan aransemen indro lagu ini agak dimodifikasi sedemikian rupa shingga menjadi agak \\\'beritme aceh. Seabird, lagu ini dibuat ketika Fajar sedang terinspirasi karya John Patitucci terutama karya-karya yang bernuansa latin. Dimana Fajar ingin membuat komposisi yang simpel dan mudah untuk dinyanyikan serta dimainkan. Indro memberi judul Seabird. dimana lagu ini memang menggambarkan setiap org harus terbang tinggi tanpa batas seluas lautan selayaknya \\\'seabird\\\'.

Come to our trip, Lagu ini dibuat ketika Fajar terinspirasi ingin sekali bermusik ke luar negeri. Memperkenalkan musik The Fingers ke negara lain. Sedikit terinfluence fusion beat ala dave weckl terbentuklah lagu ini. Tom kennedy menjadi inspirasi lainnya. Dengan lagu ini diharapkan musik indonesia terutama the fingers bisa diterima di seluruh penjuru dunia

Beside Me, Indro membuat komposisi duet dengan musisi senior yang sangat berpengaruh di dunia bass di Indonesia Yance Manusama, mewakili suatu penghormatan album ini. “Indro Hardjodikoro & The Fingers\\\' adalah salah 1 jawaban doa saya” kata Echa, “untuk mempunyai sebuah band jazz modern, namun tidak menutup diri untuk jenis musik lain, termasuk etnik - traditional.”

Perjalanan kami sejauh ini terkesan menyenangkan, meskipun sebetulnya melewati berbagai hal yang tidak mudah juga. “Sesuai dengan judul album ini Traveling, adalah sebuah perjalanan ekstra musikal dari para musisinya” kata Gomez yang merupakan pemain keyboard lulusan ISI Jogjakarta, “Satu hal yang menarik perhatian adalah sebuah orisinalitas dari setiap unsur musik maupun proses penggarapannya. Andong adalah satu track yang menjelaskan itu semua”.

Indro Hardjdodikoro THE FINGERS July 2011 telah main di acara Jazz Festival di Rusia: MuzEnergo di Dubna dan Petro Jazz di St. Petersburg. Perjuangan yang tidak mudah untuk sampai ke Rusia, karena tidak terlalu banyak yang mendukung kami - syukurlah terbayarkan dengan antusias & sambutan yang luar biasa, baik dari penonton maupun teman-teman musisi dari negara-negara lainnya.

Harapan kami, semoga band ini bisa memajukan bukan hanya masyarakat penikmat musik Indonesia, tetapi juga para musisi. Sesuai dengan judul albumnya Traveling, Band ini berharap untuk menjadi duta Indonesia untuk World musik.